Selasa, 06 Desember 2011

Kelebihan Dibalik Kekurangan


Siapa bilang orang yang mempunyai kekurang fisik tidak dapat melakukan aktifitas/hobi nya seperti manusia pada  umumnya?, Lucas Murray, bocah tuna netra usia tujuh tahun dari Inggris yang memunyai julukan Batboy dapat melakukan segala aktifitasnya  dengan cara melihat  menggunakan telinganya.Aneh bukan?
 Mungkin Lucas adalah orang pertama di Inggris yang menggunakan gema atau pantulan untuk membayangkan keadaan di sekitarnya.Dia mendecakkan lidahnya ke langit-langit mulutnya dan mencari obyek berdasarkan suara decakan yang terpantul. Cara itu memungkinkan dia lari di arena permainannya, berjalan di antara bangku-bangku, bermain mobil-mobil di dalam rumah, serta main basket, bahkan memanjat tebing.


Lucas Murray juga dapat bermain basket yang merupakan hobinya,Dia mengandalkan pantulan suara decakan untuk mengetahui posisi obyek.
Lucas, yang terlahir tuna netra, mengatakan, "Saya sangat suka cara berdecak itu namun hal itu agak sulit dipelajari. Saya suka main basket. Saya dapat mengunakan decakan untuk menemukan di mana ring-nya dan saya melempar bola ke arahnya.".
Teknik ini biasa digunakan kelelawar dan lumba-lumba.Dia bahkan dapat mempelajari gerakan melalui lemparan. Suara pantulan lebih rendah berarti obyek bergerak menjauh dan suara pantulan lebih tinggi berarti obyek mendekat. Anak laki-laki itu juga menggunakan sebuah tongkat dan dia punya ingatan yang kuat untuk tempat-tempat yang telah dia 'scan' dengan telinganya.

Dia belajar dari seorang buta California, Amerika Serikat, Daniel Kish (41), yang mendirikan yayasan World Access for the Blind. Orang tua Lucas yang tinggal di Poole, Dorset, Inggris, melihat Daniel Kish di TV, lalu mereka meminta Kish berkunjung ke Inggris.









Lukas bersama sang ibu yang senantiasa mendampinginya.

Credit: DORSET, KOMPAS.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar